Ketentuan Batu Gerinda


Batu gerida terbuat dari butiran abrasive yang sisatukan sedemikian rupa dengan bahan perekat yang kemudian akan saling melengkapi dan menentukan mutu dan sifat-sifat batu gerinda tersebut. Karena batu gerinda digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan keras dan berutar dengan kecepatan yang tinggi, maka batu gerinda harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Tahan Terhadap Beban Kejut
Abrasive dan perekat harus bersatu dan saling menunjang dengan baik, sehingga tahan terhadap gaya sayat dan kejutan. Tinggi rendahnya ketahanan batu gerinda terhadap pukulan tergantung pada kualitas ikatan perkekat yang ada. Besarnya abrasive juga menentukan besarnya daya ikat perekat. Makin besar butiran abrasive ikatannya juga maikin kuat. Batu gerinda yang kasar mempunyai ikatan yang sangat kuat dan ukuran abrasive yang besar, sehingga sangat cocok untuk pemakanan yang cukup besar atau roughing.

  1. Kekakuan
Penggerindaan yang baik membutuhkan kekakuan batu gerinda. Saat batu gerinda digunakan tidak boleh mengalami kelenturan maupun deformasi. Penggerindaan yang presisi dan pembuatan profil hanya dapat dicapai dengan batu gerinda yang tidak mengalami perubahan bentuk dan struktur secara berarti. Modulus elastisitas perekat harus tinggi dengan mempunyai kethanan yang besar terhadap regangan dan perubahan tekanan.

  1. Ketahanan terhadap tempertur
Pekerjaan penggerindaan dilakukan dengan menyentuhkan dan memberi sedikit tekanan antara roda gerinda yang berputar dengan benda kerja. Saat batu gerinda mulai menyentuh benda kerja dengan segera gesekan yang terjadi akan menimbulkan suhu yang sangat tinggi dengan seketika dan akan hilang dengan cepat saat gesekan dihilangkan. Karena itu ikatan abrasive pada batu gerinda harus sangat baik untuk perubahan suhu yang extreme. Ikatan pada bahan-bahan keramik, mineral dan mineral sangatlah baik dan tahan terhadap suhu yang tinggi dibandingkan dengan ikatan organic. Karena itu batu gerinda dengan iktan organic hanya digunakan untuk penggerindaan basah karena ikatan organic akan melemah saat terjadi suhu tinggi.

  1. Ikatan perekat terhadap butiran
Pemanfaatan abrasive pada batu gerinda secara maksimal hanya bisa tercapai bila terikat dengan sangat baik. Ikatan organic punya daya lekat terhadap abrasive tidak terlalu besar sehingga daya daya sayat butiran akan semakin buruk dan akan memungkinkan terjadinya suhu yang sangat tinggi. Namun juga daya ikat abrasive juga tidak dianjurkan untuk terlalu besar, karena penjaman diri batu gerinda dapat tercapai dengan lepasnya abrasive yang aun dan digantikan dengan yang belum terkikis.