Led panel display

Led panel display adalah suatu video display yang menggunakan LED (Light Emitting Diode). LED panel bisa berukuran kecil atau besar. Biasanya digunakan di luar ruangan pada papan reklame dan Billboard. LED panel lebih sering digunakan sebagai suatu bentuk pencahayaan, seperti pencahayaan panggung daripada untuk display.
Ada dua jenis LED panel yaitu tipe konvensional, menggunakan LED yang berdiri sendiri dan tipe surface-mounted device. Kebanyakan penggunaan outdoor menggunakan tipe konvensional. Satu paket LED merah, hijau, dan biru dioperasikan bersama-sama untuk mrnghasilkan pixel berwarna, biasanya berbentuk persegi. LED yang tebesar yang pernah dibuat sepanjang 1500 kaki (sekitar 457,2 meter) dan berada di Las Vegas, Nevada.

Kebanyakan penggunaan indoor menggunakan teknologi SMD. Dan kecenderungannya mulai berkembang menjangkau pasar outdoor. Pixel SMD terdiri dari LED merah, hijau, dan biru yang dirangkai pada suatu chipset yang terintegrasi dengan driver komputer. Setiap LED ukurannya lebih kecil dari lubang jarum dan berjarak sangat dekat satu dengan yang lain. Perbedaannya dengan tipe konvensional adalah jarak pandang maksimumnya berkurang 25% pada resolusi yang sama.
Penggunaan indoor biasanya membutuhkan layar yang menggunakan teknologi SMD dan memiliki kecerahan (brightness) minimum 600 cd/mm. Tetapi ada juga yang membutuhkan kecerahan yang tinggi misalnya pangung pertunjukan. Untuk penggunaan outdoor dibutuhkan paling tidak 2000 cd/mm untuk kebanyakan situasi, sedangkan untuk kecerahan yang lebih tinggi, di atas 5000 cd/mm baik digunakan bila layar terkena sinar matahari langsung.
Pada tahun 1977 televisi LED panel ditemukan oleh J.P. Mitchel. Displaynya menggunakan ratusan LED MV50 dan TTL(transistor-transistor logic) yang baru ditemukan. Televisi 1/4 inch ini pada Mei 1978 memperoleh penghargaan dari NASA, General Motors, dan fakultas setempat.