Segment Display

Seven Segment Display
Seven segment display seperti namanya terdiri dari tujuh bagian yang berdiri sendiri, masing-masing elemen dapat dikombinasikan untuk menghasilkan tampilan angka Hindu-Arab sederhana. Sebagai contoh bila segmen B dan C menyala maka dihasilkan angka desimal 1, bila segmen A, B, dan C menyala maka muncul angka desimal 7 dan sebagainya.

Seven segment display dapat dibuat dengan berbagai cara. Tiap tujuh segmen tersebut dapat berupa filamen tipis yang berpijar. Jenis peraga ini disebut peraga pijar (incandescent display), dan sama dengan bola lampu biasa. Peraga jenis lain adalah tabung pelepasan gas (gas discharge) yang beroperasi pada tegangan tinggi. Unit ini menghasilkan sinar jingga. Tabung yang berpendar (fluorescent) akan menghasilkan sinar hijau bila menyala dan beroperasi pada tegangan rendah. Liquid Crystal Display menghasilkan angka berwarna kelabu atau putih perak. LED menghasilkan cahaya yang kemerah-merahan.

Oleh karena sangat mudah digunakan, maka LED seven segment akan dibahas lebih terperinci. Ada 2 jenis display LED Seven segment yaitu common anode dan common katode. Common anode adalah tipe seven segment yang kutub negatifnya menjadi satu dan common katode adalah tipa Seven segment yang kutub positifnya menjadi satu. Display jenis ini beroperasi pada tegangan 5 Volt dan arus sampai 20mA. Resistor 150 ohm ditempatkan pada rangkaian untuk membatasi arus sampai 20 mA. Tanpa resistor tersebut, LED akan terbakar. Oleh karena berupa dioda , LED sensitif terhadap polaritas. Katoda harus dihubungkan ke kutub negatif dari catu daya dan Anoda harus dihubungkan dengan kutub positif dari catu daya. Seven segment bekerja dengan menggunakan decoder BCD 7447 untuk common anode dan 7448 untuk common katode. Masukannya berupa bilangan BCD 4-bit. Bilangan BCD tersebut dikodekan sehingga membentuk kode tujuh segmen yang akan menyalakan ruas-ruas yang sesuai.

Fourteen Segment Display
Fourteen segment display adalah suatu tipe display yang terdiri dari 14 bagian yang dapat dinyalakan atau dimatikan sesuai dengan grafik yang akan dihasilkan. Display ini adalah pengembangan dari Seven segment display, memiliki tambahan empat segmen diagonal dan dua segmen vertikal dengan segmen horisontal tengah terbagi menjadi dua bagian.

Fourteen segment display banyak digunakan dalam kalkulator-kalkulator digital, telepon selular, peralatan gym dan DVD player.
Sixteen Segment Display
Sixteen segment display adalah tipe display yang berdasar pada 16 bagian yang dapat dinyalakan atau dimatikan sesuai dengan grafik yang akan dihasilkan. Display ini adalah pengembangan dari Fourteen segment display dengan ketiga bagian horisontal terbagi menjadi dua. Aplikasinya sama dengan seven segment dan fourteen segment display.

Seperti seven dan fourteen segment display, titik desimal atau koma dapat ditampilkan sebagai segmen tambahan. Koma, biasanya terbentuk dengan mengkombinasikan titik desimal dengan segmen berbentuk busur yang letaknya berdekatan. Dengan begini titik atau koma ini dapat menggantikan pekerjaan segmen vertikal tengah sebagai titik dan segmen diagonal kiri bawah sebagai koma. Display seperti ini sangat umum digunakan pada mesin pinball untuk menampilkan skor dan informasi lainnya.