DISPLAY



Display adalah suatu perangkat elektronik untuk menampilkan informasi secara visual yang diperoleh, disimpan, atau ditransmisikan dalam berbagai bentuk. Bila informasi masukan berbentuk sinyal elektris, maka display ini disebut display elektronik. Display elektronik dapat menampilkan informasi secara visual, dapat diraba, dan dapat didengar.

Display elektronik yang dapat diraba pada umumnya digunakan untuk orang buta atau yang memiliki penglihatan lemah. Display ini menggunakan perangkat elektro-mekanik untuk mengubah tampilan obyek (biasanya huruf) sehingga tampilan tersebut dapat dirasakan oleh jari. Display jenis ini memiliki tampilan berbentuk relief yang dapat berubah-ubah bentuknya sesuai dengan yang diinginkan.
Kebanyakan dispaly hanya dapat menunjukkan digit-digit atau karakter alfanumerik. Dispaly jenis ini disebut segment display, karena terdiri dari beberapa bagian yang dapat menyala atau mati untuk memberikan tampilan sesuai karakter yang diinginkan. Bagian-bagiannya biasanya terdiri dari LED atau kristal cair. Dispaly ini sering digunakan pada jam digital dan kalkulator.


Ada beberapa tipe display :
1. LED Panel Display
- OLED
2. Segment Display
- Seven Segment Display
- Fourteen Segment Display
- Sixteen Segment Display
3. Dot Matrix
4. Liquid Crystal Display